Wednesday, June 15, 2016

LAILATUL QADAR.. TEMUKANLAH AKU DENGANNYA ~ PENGEDAR SHAKLEE KAJANG

LAILATUL QADAR.. TEMUKANLAH AKU DENGANNYA ~ PENGEDAR SHAKLEE KAJANG

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين و على آله وصحبه اجمعين. أما بعد:

TAZKIRAH HARI INI UNTUK RENUNGAN BERSAMA.

Hari ini kita memasuki hari ke-10 Ramadhan dan malam ke -11 di bulan Ramadhan pada tahun ini.

Saya dapat tazkirah ni tahun lepas lagi. Jom kita baca sama-sama..



ihsan: google


7 PERKARA PENTING MENGENAI LAILATUL QADAR.

1. Pengertian lailatul qadar

Istilah “lailatul qadar” terdiri dari dua kata: “lailah” (Arab: ليلة) qadr” (Arab: قدر) yang artinya ‘kemuliaan’. Gabungan dua kata ini berarti “malam kemuliaan”. Karena itu, kita tidak menyebut “malam lailatul qadar” karena bererti ada kata “malam” yang berulang; “malam lailatul qadar” = “malam-malam qadar.” Dengan demikian, istilah yang lebih tepat adalah “lailatul qadar” atau “malam qadar”.

2. Keutamaan lailatul qadar.

“Lailatul qadar” lebih baik daripada seribu bulan, bersamaan setara dengan 83 tahun dan 4 bulan.

Allah berfirman dalam surah Al-Qadar ayat 2–3:

وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ.{} لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْر{}ٍ

Ertinya:
Tahukah kamu apa itu lailatul qadar? Lailatul qadar lebih baik daripada seribu bulan.” (QS. Al-Qadar:2–3)


ihsan: google

Pada malam itu, diputuskan segala perkara yang ditetapkan, dan ditentukan pula takdir rezeki, ajal, dan segala sesuatu yang akan terjadi pada tahun tersebut.

Allah SWT berfirman dalam surah Ad-Dukhan ayat 3–6:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ{} فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ{} أَمْرًا مِنْ عِنْدِنَا إِنَّا كُنَّا مُرْسِلِينَ{} رَحْمَةً مِنْ رَبِّكَ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيم{}ُ

Ertinya:
“Sesungguhnya, Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi, dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu, diputuskan segala urusan yang telah ditetapkan. Keputusan dari Kami. Sesungguhnya, Kami yang mengutus (para rasul). Sebagai rahmat dari Tuhanmu. Sesungguhnya, Dia adalah Dzat yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Ad-Dukhan:3–6).

Menghidupkan lailatul qadar merupakan penyebab diampuninya dosa

Dari Abu Hurairah RA; Rasulullah SAW bersabda yang ertinya:

“Barang siapa yang beribadah pada lailatul qadar karena dasar iman dan mengharap pahala maka diampuni dosanya yang telah berlalu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

3. Bila datangnya lailatul qadar?

Tidak ada satu orang pun yang tahu waktu terjadinya lailatul qadar secara pasti,  karena ini adalah rahasia Allah SWT.

Hanya saja, Rasulullah SAW memberikan saranan agar mencari lailatul qadar di malam-malam ganjil sepuluh hari terakhir bulan Ramadan karena lailatul qadar berpeluang untuk terjadi pada malam-malam tersebut.

Dari Aisyah RA, bahawasanya  Rasulullah SAW selalu menghidupkan sepuluh malam terakhir bulan Ramadan. Beliau bersabda, “Carilah malam qadar di malam ganjil pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Barang siapa yang tidak mampu beribadah di awal sepuluh malam terakhir, hendaknya tidak ketinggalan untuk beribadah di tujuh malam terakhir.

Dari Ibnu Umar; Nabi SAW bersabda tentang lailatul qadar:
"Carilah di sepuluh malam terakhir. Jika ada yang tidak mampu maka jangan sampai ketinggalan ibadah di tujuh malam terakhir.” (HR. Muslim)

4. Bagaimana caranya untuk mendapatkan lailatul qadar

Di antara hikmah Allah SWT, menyembunyikan malam al-qadar, agar hamba-Nya berusaha untuk mencarinya pada setiap malam. Oleh karena itu, selayaknya seorang muslim menghidupkan malam-malam terakhir dengan berbagai macam ibadah untuk mendapatkan lailatul qadar, di antaranya:

A. I’tikaf di tempat ibadah.

Dari ‘Aisyah RA; bahwa Nabi SAW terbiasa i’tikaf pada malam terakhir bulan Ramadan sampai Allah mewafatkan beliau. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

B. Menghidupkan malam dengan amalan  ibadah dan membangunkan keluarga untuk beribadah.

Dari Aisyah RA; bahwa ketika masuk sepuluh hari terakhir bulan Ramadan, Nabi SAW membangunkan keluarganya, menghidupkan malam-malamnya, dan mengetatkan kainnya. (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

C. Mandi, berhias, dan memakai wangian pada waktu antara magrib ke  isya.

Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Aisyah RA bahwa ketika bulan Ramadan, Nabi SAW terkadang nabi tidur dan bangun beribadah. Akan tetapi, ketika masuk 10 hari terakhir, beliau mengencangkan sarungnya, menjauhi istri
-istrinya, dan mandi pada waktu antara maghrib sampai isya. Ibnu Jarir mengatakan, “Dahulu, para sahabat menganjurkan untuk mandi setiap malam pada sepuluh malam terakhir.”

5. Tanda-tanda lailatul qadar

Dari Ibnu Abbas RA bahwa Nabi  SAW bersabda tentang lailatul qadar  Dia adalah malam yang indah, sejuk, tidak panas, tidak dingin, di pagi harinya matahari terbit dengan cahaya merah yang tidak terang.” (HR. Ibnu Khuzaimah; dinilai sahih oleh Al-Albani)

6. Apa yang diucapkan ketika menjumpai lailatul qadar.

Ketika kita merasa bahwa di malam tertentu memiliki ciri-ciri seperti yang disebutkan dalam hadis Ibnu Abbas di atas, maka disyariatkan bagi kita agar memperbanyak membaca doa. Terutama bacaan yang diajarkan Rasulullah SAW kepada istri beliau Aisyah  RA sebagaimana disebutkan dalam hadis berikut:

Dari Aisyah RA “Saya bertanya, ‘Wahai Rasulullah, jika aku menjumpai satu malam yang itu merupakan lailatul qadar, apa yang aku ucapkan?’ Nabis SAW menjawab, Ucapkanlah,

اللَّـهُـمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُـحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Ertinya:
‘Ya Allah, sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha Pemaaf dan Maha Pemurah maka maafkanlah diriku.”” (HR. oleh At-Turmudzi dan Ibnu Majah).


ihsan: google


7. Apa tanda telah mendapatkan lailatul qadar

Banyak orang beranggapan bahwa orang yang mendapatkan lailatul qadar akan mengalami kasyaf di malam tersebut. “Kasyaf” sendiri artinya ‘terbukanya tabir gaib’, seperti: bisa melihat langit terbelah, malaikat datang, melihat cahaya di langit, atau tulisan lafal “Allah”, dan sebagainya. Semua anggapan ini adalah anggapan yang tidak bernas.

Syarat untuk mendapatkan lailatul qadar bukanlah harus mengalami hal-hal di atas. Setiap muslim yang melakukan amal apa pun di malam itu, dihitung dari mulai magrib sampai subuh, maka amalnya akan dinilai lebih baik daripada seribu bulan. Insya Allah.

Allah SWT  berfirman dalam surah, Al-Qadar:2–3:

وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ. لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Ertinya:
Tahukah kamu apa itu lailatul qadar? Lailatul qadar lebih baik daripada seribu bulan.” (QS Al-Qadar:2–3)

Di akhir surat Al-Qadar, Allah SWT berfirman dalam surah Al-Qadar ayat 5:

سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Ertinya:
Ini adalah malam yang penuh keselamatan, sampai terbit fajar.” (QS.  Al-Qadar:5).


Ya Alah pertemukan kami dengan  lailatul qadar pada tahun ini,  terimalah semua amalan ibadah kami,  Mudah-Mudahan keberkatan Ramadhan pada tahun ini akan mendapatkan keredhaan-Mu. Aamiinn Yaa Robbal 'Aalamiin !!!!!

Wallahu A'lam.
Doakan istiqamah serta Sehat wal Afiat.
Wassalam USM. (Ustaz Sihabuddin Muhaemin).

Catatan:
ILMU ITU MILIK ALLAH SWT UNTUK DISEBARKAN.
Sila KONGSIKAN Dengan Sesama SAUDARA  KITA.
Mudah-Mudahan bermanfaat Untuk Semua.
Di Dunia Dan Di Akhirat Nanti. Insya-Allah. Aamiinn !!!!!

Kritik Dan Saran Yang Membina Sangat Dialu-alukan.
Sila tlp/sms kami, USM (012-6653988).
Atau layari laman facebook:
http://www.facebook.com:
USM - Sihabuddin Muhaemin.

TERIMA KASIH.

Nak kekal sihat tak? Jom makan suplemen Shaklee! Hubungi saya:

ID Shaklee: 852401 Nor Jannatul Fadilah
Call / Whatsapp: 012-679 0484 Kak Jan
Add friend dan pm FB : Jannatul Fadilah 
Like page / Instagram: Buahatikusayang
  
Dapatkan konsultasi PERCUMA dan TIPS EXCLUSIVE dengan setiap pembelian vitamin-vitamin Shaklee khas untuk anda!
 
* Segala testimoni/penulisan mengenai produk di laman ini bukan bertujuan untuk merawat, mencegah atau menyembuhkan apa jua penyakit. Mereka yang mengalami masalah kesihatan diminta rujuk pada pakar perubatan terlebih dahulu. 
 
COD /self pick up istimewa untuk anda yg berada di Kajang berdekatan Taman Kantan Permai, Taman Saujana Damai, Giant Prima Saujana, Saujana Impian, Puncak Saujana, TTDI Grove Kajang, Tesco Kajang, SAAS Kajang, Cheras Baru, Taman Muda, Taman Putra, Pandan Indah, Pandan Perdana, Taman Shamelin, Cheras Flat, Bandar Tun Razak, Kampung Tanjung Semenyih, Balai Polis Semenyih, Semenyih Sentral, Taman Pelangi Semenyih, Kajang Perdana, Jelok Impian dan kawasan berdekatan.

Saya membuat penghantaran ke seluruh Malaysia, Brunei, Singapura dan Indonesia.

Salam kasih sayang

No comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...